Cara Melipat Baju Di Lemari Sempit, Gampang Kok!

Photo of author
Written By galeribaju

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur pulvinar ligula augue quis venenatis. 

Cara Melipat Baju Di Lemari Sempit
Foto: pixabay.com

Bagaimana cara melipat baju di lemari sempit? Hal ini sangat mudah dilakukan dengan teliti dan detail. Memang lemari sempit akan memberikan kondisi pakaian tidak rapi, ketika menyimpan pakaian di dalamnya. Apalagi jika cara melipatnya tidak beraturan tau sembarangan.

Tidak semua orang mempunyai keterampilan dalam hal melipat baju, hanya melipat bentuk itu-itu saja. Pasalnya setiap pakaian ada cara melipat sendiri lho. Ingin tahu, langsung saja baca dan simak artikel kali ini.

Simak Dan Terapkan Inilah Cara Melipat Baju Di Lemari Sempit

Ingin terlihat rapi dan tidak berantakan, lakukan cara melipat baju di lemari sempit atau bisa juga cara melipat baju di lemari luas. Melipat baju agar menghemat ruang penyimpanan bukan hanya dilakukan di lemari sempit saja. Lemari luas juga butuh lho, agar baju tidak kusut.

Memang cara untuk melipat baju ini disepelekan bagi banyak orang. Apalagi jika lemarinya luas, kemungkinan hanya melipatnya dengan cara sembarangan. Namun perlu diketahui, bahwa baju rapi dan bagus itu tidak hanya di setrika saja.

Melainkan juga cara dan tutorial penyimpannya menjadi dasar baju tetap tak terlihat kusut. Karena apa? Kerapian serta susunan pakaian sangatlah penting. Tujuannya agar Anda dapat menemukan pakaian yang hendak digunakan sehari-hari dalam keadaan rapi dan tentunya mudah dicari.

Keadaan rapi pada baju, juga tidak perlu lagi menyetrika maupun membongkar lemari dengan waktu yang lama. Apalagi jika ingin digunakan secara terburu-buru, udah pasti terlihat repot dan mengurangi waktu, kan. Agar hal itu tidak terjadi ketahui tips melipat pakaian supaya rapi dan tidak kusut di bawah ini.

1. Lakukan Metode Konmari

Cara untuk melipat baju yang pertama adalah cobalah lakukan metode konmari. Tapi apa itu metode konmari? Metode konmari adalah cara beres-beres dibuat oleh Marie Kondo, seorang konsultan kerapian asal negara Jepang.

Marie Kondo telah membuat buku berjudul “The Life Changing Magic of Tidying Up” berisi berbagai seni dan metode beres-beres bisa memaksimalkan ruangan dan membuat rumah rapi dan menghemat ruangan.

Untuk metode satu ini hanya perlu memilih serta menempatkan barang menurut kategorinya. Melipat pakaian juga menyimpannya dilakukan secara tegak, serta hanya menyimpan barang diperlukan dan membawa kebahagian bagi para pemiliknya. Mudah sekali bukan, cara melakukanya dengan metode satu ini.

2. Gulung Pakaian Dalam

Mungkin pakaian dalam agak di sepelekan ya, cara pelipatannya. Namun sebenarnya tidak seperti itu, karena pakaian dalam juga perlu dilipat dengan cara berbeda.

Agar nantinya pakaian lainnya tidak terganggu dengan penempatan pakaian dalam di lemari. Untuk melipatnya ada cara dan metode harus diketahui. Gunakan kotak sepatu sebagai tempat penyimpanan lebih ringkas dan hemat tempat.

Melapisi kotak sepatu itu dengan kertas kado bersih agar terlihat rapi dan menghemat tempat lainnya. Jangan lupa tata rapi ketika menyimpannya, agar lebih maksimal kerapiannya.

3. Gulung Kaos Kaki

Kaos kaki juga sama seperti pakain dalam tadi, sangat perlu dilipat dan disimpan dengan cara benar. Agar lemari sempit Anda menghemat banyak ruangan serta pakaian terlihat lebih rapi dan mudah di cari.

Menggulung sepasang kaos kaki menjadi kecil seperti pangsit. Metode ini banyak digunakan oleh kalangan militer dalam mengemas baju, lho.

Caranya sangat mudah, hanya menumpuk kedua kaos kaki dan menggulungnya dari bagian bawah ke atas, lalu ambil satu kaos kaki pada bagian atas guna melapisi gulungan. Sehingga terkunci jadi satu. Jadi dengan metode ini, akan lebih rapi dan tidak kusut.

4. Simpan Pakaian Secara Horizontal

Cara melipat baju di lemari sempit selanjutnya adalah dengan menyimpannya secara horizontal. Cara ini lebih baik dibandingkan dengan menumpuk di atas satu sama lain dan pengambilannya dari tumpukan untuk mencari baju kesusahan.

Hal ini akan menyebabkan berantakan dan tidak rapi. Makanya gunakan trik satu ini, caranya mudah sekali, lho. Caranya, lipatlah seluruh pakaian dalam sekali lihat.

5. Sweater Harus Dilipat Bukan Digantung

Jika Anda mempunyai koleksi sweater maka cobalah lipat sweater dan bukan menggantungnya. Bahan sweater sangat elastis sehingga cepat melar jika digantung. Jadi lipatlah lengan sweater kedalam, bisa dimulai dari kiri atau kanan. Kemudian lipat lagi ke sisi tengah bagian sweater baik sisi kanan dan kiri.

Selanjutnya lipat dari bagian bawah ke atas dan sisakan tempat sedikit untuk bagian atas sehingga bisa digunakan untuk memasukan lengan sweater. Jadi dengan metode ini akan lebih menghemat ruangan dan sweater lebih terlihat bagus.

6. Simpan Pakaian Dengan Cara Menggulungnya

Metode ini akan membuat baju lebih ringkas seperti kaos kaki, caranya sangat mudah hanya memutar setengah bagian bawah baju sisi dalam ke sisi luar. Kemudian lipat sisi kiri dan kanan sama rata. Setelah itu lipat baju sisi kiri dan kanan sama rata ya.

Setelah itu lipat lagi menjadi dua tempat di tengah dan gulung dari atas bawah. Selanjutnya ambil sisi baju bagian bawahnya sudah dilipat keluar agar menutupi gulungannya.

7. Lipat Pakaian Anak

Bukan hanya baju dewasa saja ya, baju anak juga perlu Anda lipat dengan cara benar dan tepat. Untuk cara melipat celana anak, tumpuk bagian sisi kiri juga kanan, lalu gulung. Kemudian, simpan gulungan di laci atau kotak penyimpan tersedia.

Jumpsuit bayi pun sama, lipat sisi kiri dan kanan kemudian lipat bagian bawah hingga ke tengah baju dan lipat satu kali lagi. Tempatkan gulungannya secara horizontal pada lemari pakaian. Dijamin mudah pencariannya dan rapi ketika digunakan.

8. Simpan Pakaian Berdasarkan Jenis Dan Kategorinya

Selain cara melipat baju di lemari sempit, pakaian agar lebih rapi di lemari sempit juga harus diperhatikan susunan jenis kategorinya, lho. Jika disimpan secara asal-asalan, maka akan membuat pakaian tidak rapi dan tidak bisa menghemat ruangan.

Makanya semua pakaian harus dipisahkan sesuai dengan jenisnya, termasuk kaus kaki, kaus panjang, kaos pendek, pakaian dalam, celana pendek, celana panjang, jaket, pakaian jenis lainnya.

Lalu lipat dengan cara menggulungnya dan simpan secara horizontal pada lemari. Cara ini akan menjadi lebih baik dan terlihat rapi. Apalagi jika ditata secara maksimal dan menyesuaikan warna baju akan lebih berkelas lagi, ya.

9. Melipat Celana Jeans

Bagaimana sih untuk cara melipat celana jeans? Semua orang mungkin belum ada yang tahu banyak dengan cara melipatnya. Untuk celana jeans ini harus dilipat menjadi dua bagian, kemudian lipat kembali sebanyak 2 kali. Sehingga ukuran lipatan akan lebih pendek dan ringkas.

Metode ini dijamin akan menghemat ringan di lemari pakaian sempit. Celana jeans memang identik dengan kain dan bahan tebal, ya. Jadi nggak heran jika akan membutuhkan banyak ruangan. Tapi hal seperti itu bisa diatasi dengan cara dan metode satu ini.

Baca juga: 15 Model Baju Sasirangan Kombinasi Satin

Manfaat Melakukan Cara Melipat Baju Di Lemari Sempit

Setelah tahu cara melipat baju di lemari sempit. Sekarang waktunya Anda merasakan manfaat dan fungsi melipat baju dengan cara benar dan tepat. Baju menjadi kebutuhan paling dasar untuk manusia, agar menutupi seluruh tubuh.

Makanya jika baju terlihat bagus dan tidak rapi, aktivitas pun tidak akan lancar atau kurang PD. Adanya kesan seperti itu banyak orang ingin tahu cara dan tips benar melihat baju.

Selain melipat baju dengan cara bagus itu, ternyata ada manfaat dan fungsi lainnya yang harus diketahui banyak orang.

Apa itu? Berikut ulasan detailnya.

  1. Baju lebih mudah dicari, artinya jika disimpan dengan rapi sesuai dengan jenis kategorinya. Makanya ketika dipakai sehari-hari akan lebih mudah mencarinya, apabila jika terburu-buru tidak harus menguras banyak waktu dan tenaga.
  2. Lebih rapi dan tidak kusut, baju disimpan secara sembarangan akan membuat kusut dan jelek. Adanya metode melipat baju di atas bisa bermanfaat agar pakaian terlihat lebih rapi dan bagus.
  3. Menghemat ruangan, jika mempunyai lemari sempit kemungkinan harus melakukan cara-cara diatas. Karena jika baju dilipat secara sembarang akan menimbulkan efek kurang ruangan dan bentuk baju kurang rapi. Makanya gunakan cara-cara di atas agar baju Anda terlihat rapi agar tidak menyetrika kembali.
  4. Tidak berantakkan, ketika baju dan akan disimpan dan dilipat benar, maka lemari akan menampilkan kesan tidak berantakan dan terlihat lebih rata.
  5. Dijamin baju dan pakaian terlihat bagus seperti baru beli. Apalagi jika ditambah dengan pewangi lemari, nanti akan menimbulkan kesan lebih segar dan tidak bau apek. Karena pakaian yang lama disimpan dilemari dan jarang dipakai, kemungkinan akan menyebabkan kusut dan efek bau. Makanya gunakan pewangi pakaian susi dengan keinginan masing-masing. Pastikan jangan lupakan satu cara di atas agar baju lebih maksimal rapinya.

Itu tadi beberapa manfaat melipat pakaian dengan metode benar. Jika Anda ingin lemari lebih hemat dan rapi, gunakan cara melipat baju di lemari sempit di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar